05 January, 2011

My 1st country/NETHERLANDS: Back again before returning home (Part 2)

(Traveled in 4 days)

Zoetermeer – Apeldoorn – Enschede – Deventer - Den Haag – Amsterdam

Senin, 22 Juni 2009 – Back to Netherlands for last days in Europe

Hamburg to Amsterdam
Several change trains: Hamburg -> Osnabruck -> Amersfoot -> Amsterdam -> Gouda -> Mandela Burg

Berhasil bangun jam 6 pagi & keluar rmh jam 6:55. Lancar naik bis & metro smp stasiun Hamburg Hbf, lanjut ke Osnabruck dgn kereta yg jam 7:46.

Tumben kelas 1 nya rame, gw sampe susah dpt tempat duduk searah jln nya kereta.
Sampai di Osnabruck jam 9:35 & lanjut naik kereta lg jam 9:53.
Sampai di Amersfoot jam 12:23 & cuman punya waktu 5 menit utk pindah kereta. Pdhl mesti naik ke spoor diatas. Mending cari kereta laen. Kebetulan ada kereta sprinter yg jam 12:35. Gw naik terburu2 & ngga sempet lg nyari kelas 1 jd duduk aja di kelas 2.

Amsterdam to Zoetermeer
Sekitar jam 13:20, sampai di Amsterdam Centraal. Mestinya gw janjian dgn Liz disini tp ngga ketemu & ngga ada sms jg. Liz msh disini smp lusa seblm lanjut ke US & tinggal disana sama nyokapnya.

Rencananya, gw ngga mau nginep di Zoetermeer mlm ini. Tp host CS di Amsterdam blm konfirm & gw ngga mau balik ke Turan. Ngehubungin Matt, ternyata dia lg ngga di Rotterdam. Pengen numpang Vera di Den Haag, no HP nya ngga punya.
Ada SMS dr slh 1 CS yg gw request tp agak aneh krn cuman bilang gw bisa tinggal sm dia tnp ksh detil nama & alamat. Ditanya ngga bales lg, setlh agak lama ngebalas pun cuman bilang spy gw ngecek inbox di CS. D’oh!

Problem kedua, ngga nemu tlp umum koin. Semuanya pake debit card. Mau titip rucsac jg ngga terima koin. Dududu..apa 3 bln yg lalu udah begini jg? He3.

Akhirnya, gw sms tante Dewi aja yg udah pasti, he2. Skarang tinggal mikirin rut eke Zoetermeer dgn kereta dr Amsterdam. Untung udah pinter banget setlh keliling 13 negara pake kereta, hi3. Hslnya, naik kereta ke Gouda jam 15:25 & sayangnya bukan kereta yg intercity. Lama aja, sejam kemudian baru sampe di Gouda. Ngga ada pula gerbong kelas 1.

Di Gouda lanjut naik kereta yg jam 16:40, nah ini ada gerbong kelas 1 nya tp tetep bukan intercity. Di Mandela Burg, sms Tante Dewi & kebetulan Beliau bisa jemput sekalian pulang kantor. Yaay!

Sampai ke Bottalijn lg jam 17:45. Senangnya, Tante kuw yg super baik hati ini masak makan malam nasi – ayam goreng & sayur tumis buncis. He3.

Kembali ‘mengusir’ Kevin dr kamarnya ml mini, maaf yak Kev.. Jd senyum sendiri, keinget sekitar 3 bln yg lalu gw kedinginan tidur disini berhari2 & sekarang rasanya biasa aja. Ciee..hi3. Mandi trus maen internet & tidur seblm tengah mlm. Total rest for tonight!

Selasa, 23 Juni 2009 – Hang out to Amsterdam

Keluar rmh jam 8:40, mau didrop Tante Dewi di Mandela Burg. Hari ini janjian ketemuan Liz di Amsterdam, ternyata kmaren itu dia jemput gw di Centraal cuman ngga ketemu.
Dr Mandela gw naik intercity ke Den Haag central, cuman 15 menit. Tp salah perhitungan buat kereta ke Amsterdam centralnya, he2, lama jg nungguinnya.
With 'fashionable' Liz :)

Sampai di Amsterdam central udah jam 10:25, Liz blm muncul, ternyata dia telat jg!
Trus kita jalan kaki keliling Amsterdam. Ketemuan jg dgn slh 1 host CS dia disini, namanya Hans. Sama Hans, kt masuk ke ‘coffee shop Dampkring’, he3.
Dibonceng Hans :D

Lanjut keliling Amsterdam sambil ngobrol2 sgla hal yg berbau cewek. Kt ke Vondelpark jg – the last Park I visited in Europe.
Krn matahari msh terang, ngga berasa udah jam 19:00 mlm, gw mesti cabut.

Baru dpt kereta yg jam 20:40 ke Den Haag 7 lsng nyambung jam 20:55 ke Mandela Burg. Dan.. bis ke Bottalijn baru ada jam 21:30! Tetep berasa dingin nih mlm2 di luar begini. Dan krn gw udah puyeng, kecepetan 1 halte pulak jd terpaksa sambung jln kaki sampai dirumah.
Menyenangkan sebenarnya krn ada path utk jln kaki sekaligus sepedaan & sekeliling gw itu padang alang2.

Sampai dirumah tepat jam 22:00. Lega… mandi, makan malam pakai rendang. Masuk kamar & ngenet dulu seblm tidur. Janjian ketemuan & jln bareng Sylvia besok.

Rabu, 24 Juni 2009 – Sightseeing to Apeldoorn, Deventer & Enschede

APELDOORN
Keluar rmh kayak kmaren, didrop Tante Dewi ke Mandela Burg. Rute gw hr ini ke Apeldoorn, ketemu Sylvia, anggota CS Indonesia yg tinggal disana. Gw naik kereta ke Gouda & smp disana mau sms Sylvia ngasih tau eh pulsa nomer HP Jerman gw pas habis! Wkwkwk..
Untung diluar stasiun gw ketemu telpon umum msh pake koin.

Crossing with small boat
Sampai di stasiun Apeldoorn jam 10:36 blm lsng ktemu Sylvia, dia telat jg datengnya. Trus kt ke Centrum nya Apeldoorn aja, keluar masuk toko2 & makan siang ke restoran Chinese.

Rencananya kt mau jalan bareng jg ke Deventer. Sylvia minjem mobil temennya sampai ke parkiran di sebrang kanal yg hrs disebrangin buat sampai ke Deventer. Soalnya parkiran disini gratis, he2. Seru jg nyebrang pake ferry di Belanda, cuman 5 menit, tiketnya 1 Euro/way.

With Sylvia @ centre of Deventer
DEVENTEER
Akhirnya ngga tahan jg, gw belanja lingerie di Hunke Moller soalnya pas banget lg diskon & dpt model yg gw suka. Hi2.
Pisahan sama Sylvia disini jam 15:45, gw mau lanjut ke Enschede, mumpung msh sore.

ENSCHEDE
Perjalanannya agak lama, sekitar 1 jam dgn kereta. Disini, jln ke Centrum lg, liat2 toko2 berderet2 lg & square yg besar.

Perjalanan pulang kali ini hampir sama dgn kmaren krn gw kelewatan turun. Naik kereta jurusan Den Haag Centraal mestinya turun di Gouda, eh gw terus smp mentok. Hiks.
Kereta ke Mandela Burg baru ada lg jam 21:23 pula & cuma 15 menit perjalanan aja sebenarnya tp bis ke Centrum West baru ada lg jam 21:46. Untung ngga sedingin 3 bln yg lalu, he2.
Naik bis ke Bottalijn jam 22:06, kali ini ngga salah turun halte. Tumben2an, gw dpt supir bis yg ganteng – bonus hari2 terakhir di Eropa, hi2.

Mlm ini ngga bisa ngenet, jd mulai nyicil packing aja. Ternyata malah jd tidur pagi jam 1 lwt..

Kamis, 23 Juni 2009 – Last day in Europe!

Shopping plaza @ Centrum West
Hari ini cuman mau menikmati Bottalijn & Centrum West aja. Tempat yg paling sering dilewatin tanpa benar2 dimampirin , he2.

Pagi ini, packing lg trus minjem internet di computer Tante Dewi dibawah.
Keluar rmh agak siangan, naik bis ke Centrum West & makan di BK. Lanjut keliling di ‘mall’ nya Centrum West, tp ngga dpt apa2. Lbh tepatnya ngga mau beli apa2 lg, he2.

Balik kerumah dgn bis sekitar jam 15:00, kelewatan lg halte Bottalijn, turun di Redelaan. Tp malah jd seru krn bisa mampir ke danau yg kelihatan dr jendela kamar nya Kevin dirumah. 3 bulan yg lalu, danaunya msh beku! Gw duduk2 menikmati matahari tp dr arah belakang, wkwkwk… sambil ngeliatin org2 Belanda maen sama anjingnya, renang2 di danau.

Kayaknya enak ya tinggal di Eropa, udaranya bersih banget & sarana umunya super nyaman.

Mlm ini mau keluar dgn Ria & suaminya, Heston, ke Den Haag. Ada acara midnight sale! Mrk jemput jam 18:00 trus di Den Haag kt makan malam dulu ke restoran Cina lg. Porsinya banyak banget pdhl udah disharing ber3.

Jam 20:00 kt mulai jalan2 di area pertokoan. Gw sih akhirnya cuman beli souvenir khas Belanda aja, di toko Cina dong jd harganya ngga terlalu mahal.

Seru jg buat gw, mlm terakhir di Eropa yg lumayan berkesan.
Hari ini jg gw sama sekali ngga ngerasa kedinginan, ngga pake sweater pink dr pagi smp mlm! Hebat…

Sampe rumah lg udah lwt tengah mlm. Msh hrs lanjut packing smp jam 2 pagi baru tidur.

Jum’at, 26 Juni 2009 – I finally have to leave Europe!

Bottalijn to Schipol airport
Me & my 18 kilos-rucsac
Kebangun jam 6! Baru 4 jam aja tidurnya. Turun kebawah jam 8 pagi – I am ready!
Foto2 dulu sama Tante Dewi di taman belakang rumah, 3 bln yg lalu bunga2 nya blm pd mekar krn msh kedinginan, hi2.

Di drop ke Mandela Burg sekitar jam 8:15. Lanjut naik kereta ke Den Haag Centraal. Sambung kereta ke Schipol jam 9 an. Setengah jam kemudian tiba di Schipol! Asik banget ya bisa secepat ini sampai ke bandara.

Konter check – in ada dilantai 2. Dan udah dibuka wlupun baru jam 9:45. Rucsac gw sekarang beratnya 18 kg, pantesan..

GOODBYE EUROPE :(
Msh punya wkt sejam lebih buat keliling Schipol. Gw masuk semua toko yg ada & motret2 diluar.

Boarding dimulai jam 11 an. Imigrasi nya penuh banget, berasa kayak pasar aja. Hiks, semakin dekat dgn ninggalin Eropa, ia lah..
Take off jam 12:30 siang – GOOD BYE EUROPE – It’s been a loveliest adventure in my life!

Di pesawat, seat gw sekarang lbh nyaman krn dideretan kursi isi 5 tp cuman keisi 3 org. Makan siangnya ok, pramugarinya jg rajin nawarin minum. Gw nonton film, maen solitaire, dengerin musik. Gak terlalu bisa tidur krn skarang agak bingung dgn hitungan waktunya.

Sabtu, 27 Juni 2009 – Back in South East Asia: Malaysia then Indonesia

Kuala Lumpur
Sampai di KLIA jam 6:30 plus 20 menit buat nungguin pintu psawat kebuka. D’oh!
Agak ribet.com urusan imigrasi gw kali ini. Gw blm ngisi kartu kesehatan & kedatangan krn di psawat ngga kebagian atau gw disangka WN nya. Blm lg petugas imigrasinya ngotot menolak gw masuk krn paspor gw emang habis bln Agustus (jd kurang dr 6 bln). Gmana sih Mas, gw kan cuman transit, mau balik ke negara asal kok ngga dibolehin..

Anyway, setlh keluar dr KLIA, gw naik bis ke LCCT ( Airport Liner di level 2, platform 9, tiketnya 1.5 RM). Trus naik Bis Era mesra ke KL Sentral (8 RM/way), sejam perjalanan. Nuker koin di informasinya buat nitip barang di loker2 kecil seharga 1 RM.
Lanjut gw mau ke KLCC (naik LRT, tiketnya 1.6 RM/way), sekitar 7 menit udah sampe.

Di KLCC, gw cuman mau beli majalah2 impor & ke Watsons. Mli berasa nih efek 3 bln di negara2 dgn temperature rendah, di mall sedingin ini aja gw kegerahan! Boro2 pake kaos, gw udah tanktop an sejak ninggalin KLIA, he3.

Agak mepet waktu balik ke KLIA, halah, Malaysia airlinesnya delay! Gak tanggung2, sejam, krn nungguin penumpang2 MAS yg dr New York jg telat mendarat di KLIA.
Di imigrasi, tumben2an sensornya bunyi, kayaknya ikat pinggang gw bermasalah.

Jakarta
Alhamdulillah, landing at 15:50! Semoga kakak gw yg jemput ngeliat pengumuman delay nya.
Naik taxi Express kerumah, jam 17:30 baru sampe. Betapa bedanya dgn kemaren, he3.

Hello again, Jakarta – my ugly hometown!

…END OF MY EUROPE'S JOURNEY IN 2009…