05 January, 2011

My 13th (and last) country/DENMARK: Another fun in Copenhagen

(Traveled in 3 days)

Rabu, 17 Juni 2009

I am so excited because I will make it to my 13th country to explore while in Europe.

Kereta ICE dari Berlin ke Copenhagen berangkat jam 11:25, transit di Hamburg 25 menit. Gw duduk berhadapan dgn suami istri (mungkin Jerman) & mrk minta difotoin. Berhubung mrk ngga ngerti Inggris, lagi2 pake body-language, he3.

Sekitar 2 jam kemudian ada pengumuman dlm bahasa Jerman. Kereta juga berhenti total. Gw pikir pemeriksaan paspor di perbatasan Denmark soalnya di Jerman tadi udah ada pemeriksaan walaupun gw ngga kena diperiksa.
Tp kok penumpang2 pada keluar ya. Dan ada pengumuman lanjutan pake bahasa Inggris kalau kita mesti keluar krn mrk akan kunci gerbongnya.
Msh bingung, gw cuman bawa ransel kecil aja krn gw lihat penumpang2 jg ngga geret2 bagasinya. Keluar pintu, kok gelap?
Ternyata oh ternyata! Kereta ICE gw sedang berada didalam ferry utk nyebrang ke Denmark!
Subhanallah...betapa canggihnya dunia disebelah sini. Kereta kita dgn manisnya parkir dilantai paling bawah.
Masih sedikit ‘shock’ gw ngikutin penumpang2 lain naik tangga kelantai atas.
Wow, ruang tunggunya besar dan bisa keluar ke dek ngerasain langsung perjalanan menuju Denmark.
In the Scandlines Ferry
Keren sekali..rasanya pengen teriak & loncat2 saking kesenangan.
Perjalanan dgn ferry sekitar 45 menit. Gw puas banget motret kincir2 angin model baling2 khas Denmark. Jadi, selain ferry besar ini membawa ICE juga transportasi lain: mobil, bis, truk. Nanti pas kita mendarat, entah gimana kereta ICE kita langsung tersambung dgn rel lagi. Ckckckck…

COPENHAGEN

Sampai di Copenhagen telat 8 menit dr seharusnya jam 18:35. Morten, host dari CS sdh nunggu gw di platform kedatangan ICE.
Kita jalan kaki ke apartemennya, sekitar 10 menit lewat pintu belakang stasiun. Apartemennya dilantai 4 tp untungnya tangganya ngga tinggi2. Gw tidur di sofa depan kamarnya dilantai 2, diruang TV.

Morten masak makan malam khas Denmark katanya, sup creme sayuran (kuahnya agak kental berwarna kuning) & kentang rebus. Untung tadi siang gw udah makan nasi goreng Asia di Hamburg, he3.

Selesai makan, gw mandi, seger lagi deh rasanya. Disini bisa ngenet wifi lagi, sambil nonton acara komedi Amrik di TV. Pantes bahasa Inggrisnya dia bagus. Tidur jam 00:30.

Kamis, 18 Juni 2009

Gw baru kebangun jam 8:45, he3. Morten udah pergi. Gw sarapan pake mi instant didapur. Mandi, beberes, males2an lg & ahirnya baru keluar apartemen nyaris jam 11.
Gw keliling Copenhagen sambil motret. Makan siang & malam di KFC; betapa mahalnya negara ini! And so windy! Sampe oleng & ngga bisa focus motret, he3.

Di CPH gw janjian dengan CS juga yg nawarin utk ikutan tur gratis keliling kanal. Jelas ngga nolak! Namanya Daniel, he’s Italian. Kerja jadi tour guide berbahasa Inggris. I feel so lucky because the canal tour was so great!

Oia, antara apartemen Morten dgn stasiun kereta dikenal sbg daerah Red District jdn ngga heran banyak Sex Shops sekaligus PSK2 yg bertransaksi. Kata Morten klu lg jalan disitu jgn tengok2 & klu ada cowok negor cuekin aja. Gubraks!
Daniel as tour guide

Sampai di apartemen Morten jam 21:30. Gw sempet ketemu dgn PSK2 yg lg nunggu peminatnya, hi3. Ada temennya Morten datang, sempet ngobrol sebentar trus mrk pindah ke dapur. Jd gw bisa bebas ngenet sampai tidur kayak kmaren lagi.

Jum’at 19 Juni 2009

Krn jadwal kereta gw ke Hamburg nanti sore, pagi sampai siang hari ini mau jalan bareng Morten ke ‘pedesaan ala Denmark’ (Christiana Village). Menurut gw lbh tepat disebut Gypsy Village, tp memang lingkungannya mirip pedesaan, ada sungai besar, pohon2 & jalanan tanah.
Morten - CS Host in CPH

Kita naik bis ksana, tiket gw dibayarin Morten. Di desa nya ngga boleh motret rumah & penduduknya tp selain itu ok. Jadilah gw foto2an di jembatan ditengah sungai besar & bersih. Kalau aja pedesaan di Indonesia semuanya kayak begini, hmmm...

Dari cuaca cerah tiba2 hujan deres, untungnya ada kafe yg kebetulan blm buka tp kita jd bisa bebas nunggu didalam. Hujannya agak kecilan, langsung cabut, soalnya udah liat kalo harga2 di menunya mahal2 banget, hi3.

Turun bis dideket apartemen Morten, mulai hujan lagi & deres banget. Lari2an sampe apartemennya, seru banget. Dimasakin makan siang mi kuah pakai saus khas Denmark lg.

Jam 3 an cabut ke stasiun. Dikasih tiket bis gratis sama Morten, lumayan deh drpd jalan kaki bawa ransel yg semakin terasa berat.

Didlm kereta, seat yg gw pesen kok jadi aisle pdhl minta window. Dan penumpang monk India/Nepal didepan gw ngga sopan taro kopernya dibagian kaki gw. Setelah tiket dicek, gw pindah ke tempat duduk yg msh kosong aja spy bisa lbh menikmati perjalanan sambil nunggu waktu penyebrangan dgn ferry lg!